Sejarah pembentukan STIH Dharma Andigha Bogor berawal dari didirikannya STIH Dharma Andigha pada tahun 2003.

Periode perintisan

 

Asal mula nama “Dharma Andigha”

Kata Dharma diartikan sebagai kewajiban, aturan dan kebenaran diambil dari nama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan Andigha diambil dari pendiri terdahulu yaitu Andi Ghalib, atau yang sering disebut Letnan Jenderal TNI H. Andi Muhammad Ghalib, S.H., M.H.

 

Kampus STIH Dharma Andigha.

STIH Dharma Andigha didirikan oleh Letnan Jenderal TNI H. Andi Muhammad Ghalib, S.H., M.H. dibawah Yayasan Ibnu Hadjar pada tahun 2003. STIH Dharma Andigha beralamat di Jl. Veteran No………… .Pendirian STIH Dharma Andigha Bogor ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 80/D/O/2003, tanggal 10 Juni 2003.

Lembaga pendidikan ini hadir seiring dengan meningkatnya kebutuhan pendidikan tinggi yang berkecimpung dalam dunia hukum. Di Indonesia, penemuan hukum memiliki kecenderungan pola seperti negara-negara yang menganut sistem hukum Eropa Kontinental. Namun dalam perkembangan sejarah penemuan hukum, posisi hakim bukan lagi heteronom dalam pengertian tidak menjalankan peran secara mandiri. Hakim dapat melakukan penemuan hukum (penemuan hukum oleh Hakim “Rechtvinding“,-pen.) secara otonom dengan memberi bentuk pada isi undang-undang sesuai kebutuhan hukum.

Sekolah hukum yang pertama di Indonesia didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1909 dengan nama Rechtsschool. Sekolah ini ditempatkan di Batavia, sebagai realisasi permintaan P.A. Achmad Djajadiningrat, Bupati Serang, untuk keperluan mengisi tenaga-tenaga hukum di pengadilan kabupaten. Sekolah ini pada mulanya terdiri dari Bagian Persiapan dan Bagian Keahlian Hukum.

STIH Dharma Andigha memiliki satu program studi yaitu ilmu hukum.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan pada program studi ilmu hukum tersebut meliputi beberapa yaitu : hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, hukum ekonomi dan hukum internasional. Komposisi tersebut menjadi kajian utama perguruan tinggi yang terus berlanjut sampai masa-masa berikutnya.